PEMBINAAN UMMAT

Secara harfiah masjid bermakna tempat sujud bagi kaum muslimin, bersujud berarti menyerahkan diri atau mengabdi kepada Allah SWT sesuai firman Allah dalam (surah Adz-dzaariyaat : 56)

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ      

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”


Namun masjid dapat dimaknakan lebih luas lagi yakni dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah diantaranya menjadikan masjid sebagai majelis pembelajaran dan pengajaran kaum Muslimin dan muslimat. Pengajaran dimaksud didalam islam begitu luas sekali tidak terbatas ruang dan waktu, sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT. Bahwa menggali ilmu pengetahuan baik ilmu duniawi dan uhkrawi akan mengangkat derajat seseorang khususnya pada saat diyaumil akhir nanti kegiatan pada ketika didunia ini. Allah berfirman dalam (surah Al-Mujadilaah : 11)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ


"Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan".
 
Dalam hadits Rasulullah SAW ada 3 yang menerangkan tentang menuntut ilmu



اُطْلُبُ الِعلْمَ مِنَ اْلمَحْدِ اِلىَ الَّحْدِ
"Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang kubur"


طَلَبُ الِعلْمِ وَ لَوْ بِسِنْ
"Tuntutlah ilmu walaupun kenegeri china"
 
ت المُسْلِمَا وَ مُسْلِمٍ كُلِّ عَلًى يْضَةٌ فَرِ العِلْمَ اُطْلُبُ
"Menuntut Ilmu Wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan"
 
Dengan demikian Masjid Agung Baitul Hikmah telah menyelenggarakan kegiatan rutin majelis ta’lim yang bersifat khusus yang diselenggarakan pada hari minggu pagi dan majelis ta’lim (MUALLAF) para saudara-saudara kita yang baru memeluk agama islam, dan kegiatannya setiap hari kamis sore untuk setiap minggunya.
Begitu pula untuk pengajian rutin bapak-bapak biasanya dilakukan pada minggu keempat setiap bulanya (setelah sholat magrib), sedangkan majelis ta’lim ibu-ibu adalah atas kerja sama tim penggerak PKK kabupaten berau dengan Masjid Agung Baitul Hikmah kabupaten berau yang majelisnya adalah Majelis ta’lim NUR IMAN yang kegiatannya setiap hari Minggu.






(Kegiatan Majlis Ta'lim Nur Iman)

Kemudian bagi anak-anak usia dini juga dilakukan pendidikan taman pendidikan al-qur’an yang dibantu oleh tim dewan guru dibawah pengelolaan Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Berau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL